Polantas oh polantas (Problem)

Sebelumnya saya minta maaf kalau sampai ada yang tersinggung dengan tulisan saya ini. Segala yang saya tulis hanya berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi, don’t take it seriously. Tadi siang saya dan teman saya berinisial M, sebut saja Melly pergi ke Harco Mangga Dua. Memang udah rencana dari beberapa hari yang lalu sih. Nah si Melly ini emang udah biasa bawa motor dan saya udah biasa bawa motor dan saya selalu dibencongin, eh diboncengin dia maksudnya, apalagi kalo lagi perjalanan jauh. Terlebih lagi dia ga punya SIM, itu salah saya. Saya bawa SIM, saya yang bawa motor, harusnya. Dan dari sinilah cerita berawal…

…eh, belum deng. Sekedar intermezzo aja, beberapa waktu yang lalu saya pernah posting bahwa saya pernah ditilang dan ikut sidang langsung di pengadilan, udah baca belum? Postingan yang ini loh.. Klik Disini dan Disini #eaaa

Lanjut cerita yah? Jadi karena si Melly yang bawa motor, saya ikut-ikut aja. Ke Mangga Dua lewat Ciputra Mall, walau sebenernya feeling saya dari awal emang udah gak enak. Saya gak pernah ke Mangga Dua lewat situ, tapi ya sudahlah, fikir saya. Tiba-tiba… hamparan beberapa pria tambun berbalut kostum berwarna hijau tumpah dijalanan. Bukan badut, bukan. Iye, itu polisi. AH! RAZIA! Oke fine, berhentilah kami berdua karena emang ga ada jalan buat kabur dan polisi ngeberhentiin kita sampe ke tengah-tengah jalan.

Disitu polisi yang memberhentikan kami berdua diam. Apa maksudnya? Kami panik karena posisi kami memang salah, Melly yang bawa motor tapi dia ga punya SIM. Anehnya polisi gak bergeming, diem ditempat. Itu maksudnya kita disuruh ngapain? Joget hula-hula sambil bilang WOW gitu? Akhirnya kami memulai pembicaraan. Kurang lebih percakapan yang saya ingat seperti ini… (PP = Pak Polisi)

Saya       :               Ya, pak? Gimana?

PP           :               Mana surat-surat? KTP STNK SIM?

Bla bla bla dan saya baru sadar (setelah dikasih tau sama pak polisi) ternyata pajak STNK saya mati. Dafuq! Bingunglah. karena tau saya punya 2 kesalahan, saya melanjutkan…

Saya : wah, saya gak ngeh pak. Saya gak sadar ini STNK nya mati, matinya juga baru sebulan yang lalu ini kan. Yaudah, Jadi 2 kasus yah pak? Jadi ditilang nih? Yaudah pak, disidang.

PP           :               *diem* *kode banget*

Dari gerak-geriknya saya tau banget maksudnya. Mau nanya bisa damai, takut dibilang ngerendahin martabat polisi, malah dimaki-maki, yang ada malah kena kasus pelecehan nama baik. (pengalaman temen, minta damai malah di maki-maki polisi). Tapi polisinya emang diem aja, ya saya nyoba Tanya aja…

Saya       :               Bisa damai pak?

PP           :               Berapa? 275?

Saya       :               BUSET! *ngelus-elus dada* *dada sendiri* *nahan emosi* ga salah pak? 50ribu kali.

PP           :               275ribu.

Nyolot abis. Emosi. Langsung saya jawab pake urat…

Saya       :               Bapak jangan ngaco deh. Bapak kira saya ga pernah ditilang kali ya? Saya kena 2 kasus ga sampe 130ribu.

PP           :               1 kasus aja udah 95 ribu.

Saya       :               65 ribu!

PP           :               95 ribu!

Saya & Melly :               65 ribu! *Sip! Si melly ngebantuin*

Saya       :               Yaudah pak, lagian saya gak punya duit. Saya mau service laptop aja ini pake garansi, gratisan. Ga punya duit. Udah, tilang aja. Mana surat tilangnya?

Yang saya heran dan baru kepikiran sekarang, dari awal polisi itu gak pegang kertas sama sekali. Boro-boro pulpen, tangan kosong!

PP           :               Kamu disidang dimana itu? 65 ribu? Ngaco aja.

Saya       :               Bapak gak percaya? Saya disidang di Ampera Jakarta Selatan. Mau saya kasih tau tempatnya? Mari saya antar. Udah pak, tilang aja.

PP           :               Sidang di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat itu beda.

Saya       :               Sama aja. Beda dimana? Yaudah sini tilang saya, biar saya sidang, pengen tau beda nya dimana. Wong sama aja. Namanya hukum di Jakarta.

Saya berfikir, kalau sidangpun insya Allah ga akan menghabiskan uang sampe 200ribu. Uangnya InsyaAllah masuk ke kas Negara juga, KAYAKNYA. Tapi entah kenapa ini polisi kekeuh banget buat damai kayaknya. Seakan-akan matanya berbicara : “Bukankah damai itu indah?” PRET! Damai itu 20ribu! Hahaha. Singkat cerita, beliau tetep minta 100rb dan karena emang ga ada duit (sampe buka-buka dompet yang total uangnya Cuma 60 ribu) akhirnya pinjem uang si Melly 20 ribu. Selesailah perkara dengan 80ribu. Pas selesai ngasih uang, udah gitu aja, kayak ga terjadi apa-apa. Bilang hati-hati kek, apa kek. Sambil berlalu saya teriak :

ASSALAMUALAIKUM!

7 Comments (+add yours?)

  1. sweetlittlencute
    Sep 30, 2012 @ 02:59:11

    he..he..ceritanya lucu..tp emang dasar polisi y..sm dl aku jg pernh tuh marah2 sm polisi…kasusnya sama jg..he..he…

    Reply

  2. dasista
    Oct 19, 2012 @ 02:41:49

    he..he
    untung ane belum prnah ditilang..🙂

    Reply

  3. Murai
    Oct 27, 2012 @ 15:57:43

    numpang curhat : Kemaren tgl 22 oktober o’w diberhentiin pak pol cuma diminta stnk ama ktp , klo sim jawab jujur belum bikin , diberhentiin gra gra gk nyalain lampu depan , terus dsuruh jalan lg , malahan o’w sempet nanya bikin sim sekarang kok susah Kt pak pol nya gra gra kasus simulator

    Reply

  4. Obat Herbal Xamthone
    Nov 01, 2012 @ 02:47:33

    salam kenal smuanya…🙂

    Reply

  5. MasCojack
    Dec 07, 2012 @ 18:24:05

    oh ini yang saya tilang tadi yak…
    ati2 dek…
    *clingak clinguk* smoga pulisinya gak baca komen gw😀

    Reply

  6. SIge
    Dec 27, 2012 @ 08:18:56

    jiah…wakakakaa…saya juga punya cerita hampir sama, tilang bisa ditawar…xixixi

    Reply

  7. miwwa
    Jan 23, 2013 @ 03:37:27

    lain kali kalo ditilang (dan emang merasa bersalah) mending ngaku aja dan minta surat tilang biru. kalo dibawa ke pengadilan juga uangnya gak masuk kas negara lho.. kalo pake kertas tilang biru itu nanti kita bayarnya transfer via ATM dan lebih murah (temen mba pernah kek gitu katanya cuma kena 23rb) dan itu baru masuk ke kas negara..
    dududu, mba pernah dua kali ditilang dan minta bawa ke pengadilan (masing2 ditahan SIM) kenanya cuma lima puluh ribu. kalo yg ditahan STNK lebih mahal lagi. paling mahal kalo ditahan kunci. dulu banget waktu masih SMA pernah minta damai begitu dia mintanya gak mau kurang dari 60rb. semprul emang polantas2 di Indo sini. makanya perutnya buncit2 begitu. disumpahin orang, fuah!!

    P.s: mba pernah bawa orang2 Singapur dan mereka waktu liat polantas2 di Pekanbaru:

    Orang Singapur:(OS): “Are those police officer?” *nunjuk polantas yg lagi seliweran ‘mengatur’ lalu lintas’

    Miw: “Yap. Why?”

    OS: BUAHAHAHA… Look at their stomach!!” *ketawa sampe mau nangis liatin perut2 polisi buncit*

    P.s lagi: ini postingan apa komen yak. panjang amat.😛

    Reply

ini ceritaku, bagaimana menurutmu?

